Jenis jaringan


  1. Local Area Network atau kita sering sebut LAN adalah sebuah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah kantor pada sebuah gedung atau tiap-tiap ruangan pada sebuah sekolahan. Biasanya jarak antarnode tidak lebih jauh sekitar 200 meter.
  2. Metropolitan Area Network atau kita sering sebut MAN biasanya meliputi area dari LAN misalnya antar gedung dalam suatu daerah ( wilayah seperti propinsi atau negara bagian ). Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapabuah jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar. Jaringan beberapa kantor cabang sebuah bank di dalam sebuah kota besar yang berhubungan antara satu dengan lainnya.
  3. Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang biasanya suadah menggunakan media wireless, sarana satelit ataupun kabel serat optic, karena jangkauanya yang lebih luas, bukan hanya meliputi satu kota ataupun antar kota dalam suatu wilayah, tetapi mulai menjangkaukan area atau wilayah otoritas negara lain.

jaringan

Leave a comment