Kabel


Ada beberapa tipe kabel yang banyak digunakan menjadi standar dalam penggunaan untuk komunikasi data dalam jaringan komputer. kabel-kabel ini sebelumnya harus lulus uji kelayakan sebelum dipasarkan dan digunakan.

Saran: Hampir 86% kegagalan yang terjadi karena pada jaringan komputer disebabkan karena adanya kesalahan pada media komunikasi yang digunakan, termasuk kabel dan konector serta kualitas pemasangan. kegagalan lainnya bisa disebabkan faktor teknis dan kondisi sekitar.

Setiap jenis kabel mempunyai kemampuan dan spesifikasi yang berbeda. Oleh karena itu dibuatlah pengenalan tipe kabel. ada dua jenis kabel yang dikenal secara umum dan sering dipakai untuk LAN yaitu Coaxial dan Twisted Pair ( UTP Unshielded twisted pair dan STP Shielded twisted pair).

  1. Coasxial Cable

Dikenal dua jenis tipekabel koaksial yang dipergunakan buat jaringan komputer yaitu:

  • Thick Coax ( mempunyai diameter lumayan besar) dan
  • Thin Coax ( mempunyai diameter lebih kecil).

Thick Coaxial Cable ( kabel koaksial “gemuk”)

kabel koaksial jenis ini dispesifikasi berdasarkan standard IEEE 802.3 – 10BASES  dimana kabel ini mempunyai diameter rata-rata 12mm. kabel jenis ini biasanya disebut sebagai standard ethenet atau thick ethernet atau hanya disingkat ThickNet atau bahkan cuma disebut sebagai yellow cable karena warnanya yang kuning.

Kabel Coaxial (RG-6)  ini jika digunakan dalam jaringan mempunyai spesifikasi dan aturan.

Baca Selengkapnya…


Leave a comment