Client – Server


Selain pada jaringan lokal,sistem ini bisa juga diterapkan dengan teknologi internet dimana ada suatu unit komputer yang berfungsi sebagai server yang hanya memberikan layanan bagi komputer lain, dan  client juga meminta layanan dari server. Akses dilakukan secara transparan dari client dengan melakukan login terlebih dulu ke serer yang dituju. Client hanya bisa menggunakan resource yang disediakan oleh server sesai dengan otoritas yang diberikan oleh administrator. Aplikasi yang dijalankan pada sisis client bisa saja merupakan resource yang tersedia di server atau aplikasi yang di install di sisi client namun hanya bisa dijalankan setelah terkoneksi ke server. Jenis Layanan Client Server :

  • File Server                : Memberikan layanan fungsi pengelolahan file.
  • Print Server             : Memberikan layanan fungsi percetakan.
  • Data Base Server  : Proses fungsional mengenai database dijalankan pada mesin ini dan stasiun lain dapat                                             minta pelayanan.
  • DIP ( Document Information Processing ) : Memberikan pelayanan fungsi penyimpanan, manajemen                                                                                                         dan pengembalian data.

Leave a comment